Salam Mahasiswa tingkat akhir!

Bagaimana TA-nya?
Sudah Bab berapa?
Kapan wisuda?

Ah itu pertanyaan yang selalu muncul dikala menjadi 'Mahasiswa Tingkat Akhir'. Dimanapun kita dan sedang apapun pasti ada yang nyinggung. Saya yakin semua pasti akan mengalami fase galau TA, entah itu galau mencari ide atau topik hingga galau dosen pembimbing. Banyak alasan mengapa kita galau TA, misalnya beberapa teman seangkatan kita ada yang start lebih awal ambil TA atau orang tua yang selalu bertanya 'kapan wisuda?'. Ah sepertinya dua alasan ini yang menjadi motivasi saya ketika galau TA.

Menjadi mahasiswa yang lulus tepat 4 tahun atau bahkan 3,5 tahun adalah hak sekaligus keinginan semua mahasiswa dengan berbagai alasan yang melandasinya. However it's not easy, right! Oke now I want to give you some tips to focus. Fokus untuk apa? Fokus TUGAS AKHIR:

  • Follow account twitter "Skripsit"
Bagi anda pengguna gadget, 4 dari 5 pasti menginstal aplikasi twitter. Disela-sela waktu luang anda buka twitter dan dikala ada pada posisi malas ngurusin TA, samsit bisa jadi reminder dengan gaya dia buat ngasik semangat ngelanjutin TA. Seperti yang dulu pernah saya mention accout @skripsit

Dia bilang, "Transkrip ada nilai A, B, C, D, E itu namanya variasi, kalo A semua itu namanya monoton #iyakali"
Saya mention, "Kalo E semua?
Dia jawab, "itu namanya konsistEn"

hehehe bisa aja nih si mimin.
Dilain kesempatan, saya mention @skripsit dan bertanya
"gimana caranya dapet ide buat TA?"
Dia jawab, "Nemu ide itu kayak nemu duit, mesti jalan2, kalo mau yang diem ya ke jamban, nemunya sekalian emas!"

  • Simpan foto BBM teman anda
Jangan salah sangka dulu, maksud saya anda gak perlu menyimpan foto dengan gaya telunjuk kiri nempel ke mulut yang agak manyun dengan menghadap kamera keatas. Anda bisa menyimpan foto BBM orang lain, for example foto dengan tulisan  "TUHAN BERSAMA MAHASISWA TINGKAT AKHIR" atau foto seperti harapan atau doa agar TA nya lancar, misalnya "Allahumma yassir walaa tu'assir, Ya allah  mudahkanlah dan jangan dipersulit". Ini hanya sebagian kecil foto yang simpan di galery saya agar ketika saya sedang melihat ulang isi galery, saya teringat dan harapannya bisa fokus TA lagi hehehe

  • Deketin orang yang sama dengan anda
Ada dua manfaat sekaligus ketika anda bersama dengan orang yang memiliki motivasi sama. Pertama, anda mempunyai teman bicara, anda bisa saling tukar pikiran dengan mereka, anda bisa saling diskusi tentang masalah yang sedang anda alami khususnya tentang TA. Kedua, anda bisa meminimalisisr waktu anda, misalkan teman anda ternyata lebih cepat didepan anda, sebenarnya anda bisa sama cepatnya dengan dia. Anda akan temotivasi untuk lebih giat menyelesaikan TA anda. Manfaatkan..

  • Ceritakan keinginan ke orang terdekat
Jika anda bertekad untuk lulus bulan sekian, Anda tidak perlu berkoar-koar di media sosial tentang niatan anda. Ceritakan kepada orang terdekat anda. Orang tua, saudara, dan kekasih anda, mereka bisa menjadi pendengar dan pengingat terbaik bagi anda.

  • Doa
Dari semua tips yang saya berikan, Doa adalah hal penting yang juga harus anda lakukan. KepadaNya lah kita patut berdoa.

This is my version tips from me, how 'bout you version?
Keep calm and fighting ya!
Cheers


Leave a Reply

Pennyka Trifikta Rimbi. Powered by Blogger.