Mengatasi drive-C yang PENUH pada windows
Ketikadrive-c penuh, apa yang anda rasakan? Pasti akan merasakan betapa rewelnya peringatan dari windows untuk mendelete file-file dalam driver tersebut! Padahal kemungkinan kecil atau bahkan tidak mungkin mendelete program dalam drive tersebut. Bisa jadi akan menginstal program baru kan?
Sudahlah, saya males kalo pake bahasa formal gitu hehe terlalu kaku deh! Gini nih aku pernah punyak nazar mau sharing pengalaman ini kalo beneran berhasil yah istilah kata sukses benerin leptop ndiri hehe (berasa orang pinter)
Awalnya kapasitas drive-C cuma ada 38,sekian GB padahal banyak aplikasi yang bakal di install akirnya aku buat file cadangan di drive-F buat instalah aplikasi. Emang gak ada masalah sih, tapi kan gak enak dipandang kalo semua instalan gak ngumpul di drive-C, berasa cacat aja leptopku hehe
Nah, akihirnya pas aku maen game the sim3, om windnya mulai rewel katanya drive-c full. Hadeee (kebingungan). Berbagai cara aku lakuin gimana caranya biar ngasik kapasitas drive-E yang kapasitasnya 102GB ke drive-C  kapasitasnya 38GB padahal isi drive-F Cuma kepake 1GB, sayang kan kalo mesti beli harddisk baru!
Awalnya nemuin cara itu gak  mudah! Aku coba banyak cara dan menghalalkan segala cara (loh!) biar berhasil,contohnya nih..
1.  Membuang software yang sudah tidak berguna
2. Memanfaatkan aplikasi dari windows dengan maksimal seperti disk defragment (cara ini bisa  mempercepat kerja windows biar gak lemot!) dan disk clean up (intinya memilah data-data yang gak penting yang memakan banyak space untuk di-delete). Caranya klik start-accessories-system tool
Awalnya aku sering pake software khusus untuk me-cleanup dan me- defragment harddisk (tuneUp utilities) namun software buatan windows lebih ampuh! Berkali-kali me-cleanup dan me- defragment pake  tuneUp utilities, space yang berkurang hanya sedikit lalu aku coba buatan windows, tau berapa space yang berkurang? Coba tebak! Yak waktu habis! Hehe space sebesar satu koma sekian GB sangat bermanfaat disaat terdesak!
3. Menghapus file temporary internet explorer. Buka Internet Explorer-Tools-Internet Options- Delete Temporary Internet Files.
Bagaimana? Bisa dilanjutkan? Yuk yaa...
4. don't be wonder!
Cara ini yang aku pake dan benar-benar dahsyat bin ajaib (lebay!). Pake software *** (masih dirahasiakan hhe). Sebenenya banyak ragam software yang bisa membantu saat partisi harddisk misalnya Paragon partition manager, partition Magic, Partition Wizard Home Edition, Easeus Partition Manager.
Hanya saran: hati-hati menggunakan partition magic. Ada dua blog (saya lupa url-nya) yang saya baca tentang program tersebut mengalami kegagalan berupa harddisk error dan data hilang soalnya  saat restart dia menekan sembarang tombol untuk mempercepat restartnya ato karena pake program bajakan. So bewaring yaa!

Partition Wizard Home Edition! Yap program ini yang aku pake mengatasi masalah harddiskku. Merupakan salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan dalam mem-partisi hardisk secara maksimal. Sekedar informasi ya sebenarnya Partition Wizard memiliki beberapa versi yaitu Home Edition, Professional Edition, Server Edition dan Enterprise Edition. Versi pertama merupakan versi gratis, sedangkan tiga versi terakhir bukan versi gratis karena memang ditujukan untuk sekala professional, server dan perusahaan besar. Tetapi, untuk penggunaan pribadi Partition Wizard Home Edition sudah lebih dari cukup untuk menangani komputer yang sedang anda pakai.
Yup follow this  steps:
1.      Tentunya anda sudah me-download program ini
2.      Install program ini. Jangan khawatir dengan kompatibilas dengan OS yang anda pakai karena software ini kompatibel dengan banyak operating system seperti Windows 2000/XP/Vista maupun Windows 7.
logo...
3.      Tutup semua aplikasi, software dan game yang anda gunakan!
4.      Pilih partisi mana yang ingin anda rubah, klik kanan dan pilih apa yang ingin anda lakukan. Apakah ingin menambah kapasitas, mengurangi ato menghapus partisi.
5.      misalnya aku mau mengurangi kapasitas drive-F, klik kanan pada drive-F, pilih move/resize

6.       Resize dengan mengklik kanan dan Anda akan melihat pilihan "Move / Resize", ketika mouse menjadi tanda panah dua, maka Anda dapat bergerak ke kiri, yang menyusut.


Dan di sini adalah foto penyajian F. shrinked


Ruang yang tidak terisi diproduksi, maka pekerjaan selanjutnya adalah untuk memindahkan ruang yang tidak terisi sebelah c. c drive dapat diperpanjang hanya ketika ada ruang yang tidak terisi sebelah sisinya.


7. Pindah F untuk membuat ruang yang tidak terisi dekat dengan target - partisi c



8. Pindahkan D untuk membuat ruang lebih dekat dengan drive C


9. Klik kanan drive c untuk memperbesar oleh "Move / Resize" dan kemudian memperluasnya dengan ruang yang tidak terisi dikumpulkan dari drive F



10. konfirmasi semua operasi



sumber gambar: http://www.geeksdo.com/howto-resize-partition-with-partition-wizard-home-edition.html >> thanks yaa infonyaa, aku berhasil mepartisi belajar dari web itu :)

yap! buat temen-temen yang mengalami masalah yang sama silahkan dicobaa dan semoga berhasil. eh iya buat saran aja, saat merestart leptop/pc jangan menekan apapun pada keyboard. saran ini biar gak kayak partition magic yang ngehank. Oh iya kembali aku kasik tau, satelah proses berhasil akan terjadi perubahan pada tampilan leptop (gambar pada layar seakan ng-blur


2 Comments

  1. jadi partisi di drive c nambah beneran ao cuma 'seolah2' nambah?

    ReplyDelete
  2. @mas edwin : nambah beneranlah mas

    ReplyDelete

Pennyka Trifikta Rimbi. Powered by Blogger.