Halo halo haloo
Ramadhan uda berakhir. Happy fastingnya bener-bener fast. Ramadhannya bawa kesan banget buat saya. Mulai sidang sampe yudisium pas di bulan ramadhan :"

Inget sidang inget UBU4001 a.k.a SKRIPSI *Duh maap saya berkata kotor* Yap jadi kata dengan 6 huruf ini dianggap kata kotor di anggkatanku, 2009. Alasannya? yaaa cause karena YOU KNOW WHAT LHAAAH buat yang uda ngerasain :( semua yang baca ini pasti nantinya akan merasakan atau sudah merasakan hidup yang dibayang-bayangi 6 huruf ini. Fuhh

***

Perjalanan hidupku bersama UBU4001 *tsaaah* dimulai tanggal 28 Januari 2013 dengan dosen pembimbing I (DP I) dan dosen pembimbing II (DP II). Awalnya saya ngerasa DP I itu killer banget nget nget. Dosen kayak manusia setengah dewa bidang networking ini lulusan Jerman *Wooo jermaaan woo pengen kesana woo* beliau termasuk orang penting di kampus dan fakultas saya. Bimbingan awal mula yaa agak kaku letih lesu bin minder gimana gitu. Saya ngerasa belum ada ilmu yang bisa saya tunjukin buat melawan UBU4001 tapi uda berani-beraninya ambil 6 SKS ini di semester 8. Hiks. Selama bimbingan sama DP II ini yaa beliau nyantay sih orangnya. Itungannya masih muda jadi yaa kadang manggil "neng". Beliau enak sih, gak pernah ada masalah tiap bimbingan, SMS selalu dibales. Pernah juga saya curhat (bimbingan) kayak mau nangis masalah server yang gak berhasil padahal uda sebulan lebih tapi stuck gak ada jalan keluar. Beliau juga janjiin mau bantuin langsung tapi tapi tapi janjimu palsu pak -___-.

Rasanya satu masalah terpecahkan akan muncul seribu masalah baru. Masalah dari sisi server, router, softphone, cara menyadap, cara menguji, topologi. Aaaaaaaaaaaaa. Tiap ada masalah mesti nangis pas berangkat ngampus ato pulang bahkan sering nangis di lab untungnya gak ada yang tau, capek hati pikiran fisik capek semuanyaaa. Pokonya kudu lulus semester 8 ini tapi sistem gak jadi-jadi T.T jangankan sistem, ORANG NETWORKING TAPI GAK BERANI INSTAL ULANG SISTEM OPERASI yaa gimana gak tertekan. Biasanya cuma belajar teori, sekarang kudu praktek sendiri. Saya harus bisa bikin PC Router dan server tapi gak tau cara bikinnya :"((

Abis labmeeting, 2 bulan lebih setelahnya harus Labprogress. Untungnya sistemku uda jadi ya bisa dibilang uda selesai tinggal laporan aja. Hari sebelum progrss, aku curhat (bimbingan) ke DP I, dari hasil yang saya dapat emang ada keanehan yaitu di packet loss yang nilainya nol semua.

"Sebenernya packet loss nol itu bagus tapi itu seperti gak logis, masa sistem keamanan dengan tambahan enkripsi nilai packet lossnya nol? Tapi yauda gapapa kita bahas di progress aja", kata DP I.

Progress selesai, satu kata buat gambarin hasilnya "Fu*k". Topologi yang saya buat sebelumnya yang disarankan sama DP I, topologi dengan tiga PC Router, diminta untuk diganti oleh forum dosen di labprogress yang dateng. Rasanya sia-sia gitu yang uda saya buat :( kalo ganti topologi berarti saya bikin DARI AWAL LAGI. Kemudain DP I ngasik solusi kalo serverku dipindah jadi satu sama server fakultas dan pengujian dilakukan di lingkungan fakultas. Mati ae wes mati! gimana gak kudu nangis, jadi selama ini yang saya bikin itu hiks harus hiks ngulang hiks dari hiks awal hiks lagi hiks. Lagi pula saya belom pernah ngutak-atik real server beneran. Parno banget. Takut gak jalan sistemku ntar aaaaaaa kalo ngerusak server fakultas gimanaaaaa nanti kudu ganti rugi berapaaa, server merk CISCO broo puluhan jutah broo T.T. Tanyak sana-sini depan-belakang kanan-kiri pria-wanita tapi gak jadi-jadi. Adaaaa ajaaa masalahnya T.T uda bimbingan sama bapak dosen tapi belon ada solusinya T.T

Yauda coba-coba sendiri dan wow the power of super mom. Setelah saya curhat ke ibu sambil nangis-nangis dipangkua ibu saya, kemudian *katanya* seharian ibu ngedoain *sih*. Allah ngasik petunjuk apa yang kurang di sistemku. Alhamdulillaaaaaaah selesai. Yiihaaaa
Oke lanjut tahap berikutnya. Pegujian!. Pengujian kan tinggal ambil data kan tapi kan teuteeep kan ada masalahnya kan :( Duh kayaknya skripsi emang sumber masalah :(

Pengujian ini yang paling ngeselin. Data yang perlu aku ambil cuma 60 data tapi buat dapetin 60 kudu susah payah lahir batin dapetin hampir 200 data lebih hiks. Nangis lagii. Ah kerjaanku kalo lagi buntu gini nangisnya ke ibu kalo gak ya ke pacar. CAPEK. Buat nguji kudu berhari-hari. Iya kalo sendirian gapapa tapi butuh orang lain juga. Prast, Lia, Obit, mereka yang uda bantuin pengujian yang berhari-hari makan waktu dan sewa laptop. Tanpa kalian pengujianku gak selesai-selesai :"

Setelah progress, DP I enak banget diajak bimbingan uda kayak good day rasa cappucino aja. Dosen dewa yang jadi momok di konsentrasi networking ini ternyatah beliau gawl abiieezzz, santay kayak di pantay, tapi serius. Balasan sms dan email selalu bikin ketawa wkwkwk, tiap bimbingan gak pernah so serius sebelumnya. Bimbingan selalu diajak kalo gak dipinggir lobbi yaa di lab itupun cuma nunjukin hasil aja kalo di lab. Kenapa baru sekarang saya tau bapak kayak gini. Makin jadi dosen favorit deh :)


***

Pengujian selesai, laporan selesai. Lanjut pameran dan sidang. Pameran yaa gitu deh, biasa ajaa. Sidang ini yang bikin ketar-ketir. Gue dapet dosen penguji dan salah satunya lulusan S3 dari jepang brooo! *pake teriak* Pengen nolak tapi gak bisa. Rasanya mules grogi dag dig dug, takut, lemes. Tanggal 19 Juli 2013 pukul 13.00 WIB di ruang Lab Game sidang dimula, penentuan saya akan lulus atau harus ngulang dan bayar SPP semester 9 hiks. Selama satu jam, presentasi, tanya jawab, debat, ditanyain macem-macem, dibantai. DP II gak ngebantuin apa-apa tapi DP I ngasik kode buat ngontrol aku biar gak debat terus sama penguji. beliau juga ngasik arahan biar jawabanku bener. Bapak ini tanggung jawabnya luwaaar biasaaaa.

Setelah tanya jawab, saya diminta untuk keluar ruangan selama 3-4 menitan. Rasanya pengen nangis tapi ke siapa. pengen meluk tapi diluar cuma ada lia yang nungguin *Lhah* Kemudian DP I minta masuk, liat beliau manggil uda mau mewek aja hiks.

Hasil sidang diumumkan oleh DP I. Bener-bener lemees plus grogi, tapi masih sempet ngerekam hasil keputusannya hehehe tapi gak bisa saya upload soalnya gak tau caranya -_-
terus salam-salaman sama dosen penguji dan DP II tapi khusus DP I saya menundukkan badan dan mencium tangannya seperti yang saya lakukan ke orang tua. Bapak dosen ini emang JUARAAAAA. I Love you full paaaaaakk :))

***

 Yudisium tanggal 2 Agustus 2013 PUKUL 10.00 WIB. Yap kata pukul sengaja saya capslock jadi PUKUL. Acara penting dan resmi yang dihadiri pembantu dekan bagian akademik dan ketua program studi teknik informatika tapi saya TELAT DATANG. Saya ulangi, SAYA TELAT DATANG. Rasanya malu-maluin. Didalam ruangan uda mulai dari 20 menit sebelum saya datang tapi tapi saya baru datang. Pas saya datang, didepan pintu uda nungguin mas yohanes, karyawan yang sengaja nungguin aku yang telat hiks. Awalnya baju, almamater dan kerudung yang rapi dari rumah harus berantakan semua gegara lari-lari dari parkiran didepan himpunan ke gedung A hiks. oke masuk ruangan dengan muka sok innocent terus duduk di satu kursi yang masih kosong. Dari 48 kursi peserta yudisium cuma ada satu kursi yang masih kosong Sumpah malu-maluin. Tapi yang ada temen-temen konsentrasi jaringan pada ngetawain sambil bilang "Kamu kira ini kuliah bisa nelat?", kata mas yogi. Hahaha ampun mas ampuun. "Pennyka, kamu tadi mau gak dilulusin lho katanya", kata mas cahyo. Aaaaaaaak kalo gak lulus gara-gara telat ini nyesek banget mas -_-. Saya sudah siap dari pukul 9.00 mas tapi tapi yang jemput ini telat datengnya hiks. Siapa yag jemput? Yaa siapa lagi kalo bukan Raden Mas Jenderal bintang kejora Prasetyan hatmojo.

Penyerahan SKL langsung dibagikan pas yudisium. Penyerahanya dipimpin langsung oleh Bapak pembantu dekan bagian akademik. Penyerahan berdasarkan nilai IPK tapi saya dipanggil nomor urut 16 dengan predikat sangat memuaskan. Yahhh alhamdulillah aja ke Allah biar rejekinya lancar teruuuuus. Amiiin


Selamaaat buat teman dan kakak yang lulus bareng wkwk
Congratulations guys

Terima kasih atas bantuan selama 4 tahun ini :)


4 Comments

Pennyka Trifikta Rimbi. Powered by Blogger.