Debat tadi pagi, saat penyerahan judul project mata kuliah E-commerce oleh dosen berinisial 'H'. Setidaknya dalam 1 kelompok ada 3 orang anggota dan semua harus punya ide-ide "mau buat apa project" mata kuliah ini? Kira-kira nomor urut 5 (kalo gak salah *berarti bener!). Akhirnya kelompok anggap aja kelompok kodok misalnya, maju!
Dosen : yak gimana judul projectnya?

Mhs 1 (mahasiswa 1) : gini pak kita ada tiga ide buat projeknya (bertele-tele!)
Dosen : wah! baguslah, yak silahkan menjelaskan judulnya
MHS 1, 2, 3 : *senang karena merasa di puji!
Mhs 1 : ide saya itu, buat web dimana semua intrepreneur dari universitas 'B' bisa menyalurkan ide-idenya. Jadi mereka bisa sharing atau sekedar memasarkan penemuan bisnisman-nya dalam web tersebut, harapannya memacu ide kreatif yang lain dan sabagai sarana penawaran hasil idenya!
Mhs 2 : kalo saya bikin web yang bisa menampung informasi tantang Kos-kosan di sekitar universitas 'B' ini agar memudahkan mahasiswa baru mencari tempat hunian disekitar kampus!
Mhs 3 : kalo ide saya, semacam online shop tentang makanan khusunya KRUPUK jenis 'K' sebagai product utama, dan aneka macam KRIPIK sebagai product sampingan!
Dosen : Why! *nada lantang
Dosen : apa jangkauan ide-ide anda? apakah hanya sekitar universitas 'B' saja? (untuk Mhs 1 dan Mhs 2). Sudahkan anda survei? ngapain capek-capek orang bikin web yang jangkauannya hanya sekitar malang? mendingan saya buat seperti indonetwork yang sudah Nasional. Dan anda apakah memikirkan pendapatan perbulan? (Mhs 2) dimana tiap tahun baru datang mahasiswa baru dari luar kota yang (mungkin) memanfaatkan jasa anda? anda hanya akan dapat pendapatan per tahun! setelah bulan-bulan berikutnya? berarti anda gak dapat income?
Mhs 1 + Mhs 2 : *muka murung
Mhs 2 : mempertahankan pendapatnya
Dosen : %$##!!&*()&^%$#%^& (menghantam pendapat mhs 1)
Mhs 2 : *Ngotot!
Dosen : *Hajar mhs 2!
Mhs 3 : Aseeek! *santay karena tinggal pendapatnya yang belum di T.O.L.A.K
Dosen : dan anda (mhs 3) apakah usaha tsb sudah Nasional?
Mhs 3 : belum pak karena itu di e-commerce-kan biar mennasional!
Dosen : akan sangat susah kalo barang yang belum nasional tingkatannya ada e-commerce kan!
Mhs 3 : tapi kan pak dengan begitu %$#@!&*^%)*%$#$$@!)?()<>
Dosen : *tolak pendapat!
Mhs 3: *ngotot
Dosen : *tetap tolak!
Mhs 3: *tetap NGOTOT
Dosen : ini lho prospeknya buat PROJECT! ngapain coba anda susah-susah buat E-COMMERCE tentang jualan KRUPUK! untuk anak S1 harusnya buat e-commerce yang untungnya bisa minimal jutaan dan BERKELANJUTAN. Ya kalo anda buat usaha sendiri jualan KRUPUK online ya SILAHKAN tapi ?><":}{)(*&^%((*&%$&&&^%$#%*&&^^&$$#&^(*&&(^%$$##@!
Mhs 3 : *ngedumel )%$#$*&%#!
Dosen : yah anda-anda cobalah saling sharing, cari ide yang bagus, didiskusikan, jangan saling menyalahkan pendapat kelompok anda sendiri
Mhs 3 : *KAPAN kami saling nyalahin PAK! kami hanya berusaha mempertahankan pendapat. Hrawwrrrr!
Mhs 2 : iya pak $#@!%^&%$#^&
Mhs 1, 2, 3 : kembali ke bangku *Sedih!
Mhs 1 : *ngomel-ngomel *^%$^#$&*&(&%$@#&Y!!!

***


3 Comments

  1. @mas edwin : hash, dan aku kudu cari ide lain mas, hiks

    @pipin : pipiiiiin, ijin follow jugak yaa :)

    ReplyDelete

Pennyka Trifikta Rimbi. Powered by Blogger.