Yap. Puji syukur. Alhamdulillah. Barakaallah..
Akhirnyaa :')
Kalo BNN butuh tiga bulan buat memantau rumahnya Raffi Ahmad (kata presenter TV). Aku butuh tiga bulan buat nyesein Abstraksi. Abstraksi = Seminar Judul = Skripsweet. Yes baru kali ini aku berani bilang skripsweet. Kemarin-kemarin bilangnya skripshit! Ups

Mulai November lalu, ketika ditinggal pacar ke perantauan sampe sekarang dan entah sampe kapan lagi *halah*. Yap! this is the benefit of a long distance relationship. Kita bisa ngatur waktu kapan kita mulai merajut mimpi bareng kapan kita mulai meraih cita-cita. Bagi banyak orang, ato kebanyakan temen-temen diluar sana, mereka bisa berjalan bebarengan.


Paling tidak akhir semester ini (Semester 7) judul sudah ditangan.
Aaaaaak *gila*
Kalo inget kata senior di tumblr yang bilang 

Cepet lulus lebih baik. nunggu apa lagi
hahah gampang sih ya kalo yang ngomong itu uda lulus -_-
Kalo dosen Metodologi Penelitian kemarin pernah bilang:

Kalo anda punya atau tidak punya kemampuan, anda harus cepet lulus, itu lebh baik, kecuali kalo mahasiswanya dari anak konglomerat yang uda punya warisan, gak perlu lulus
OKE BAIK PAK! *gak santai*

Kalo orang mau sukses kudu cepet lulus ya? ah enggak juga sih. Ada kok orang yg justru di drop out bahkan gak perlu kuliah. Lebih sukses dari yang kuliah. terus? kamu mau diDO dulu baru sukses? ya enggak gitu juga ya allah *self talk*

Sapa sih yang gak mau lulus cepet? sapa? sapa? noh diem kan?

Kalo orang sukses kudu cepet lulus? aku sedikit tidak setuju sih meskipun aku sendiri pengen sukses dan pengen lulus cepet. Tapi aku pernah denger ntah dimana, lupa, kalo orang sukses kudu punya passion! gue setuju!
Jadi kalo mau lulus cepet kita kudu punya passion! bukan cuma omdo *omong doang*
semua orang cuma bilang "gue pengen cepet lulus sob" tapi apa yang sudah kita lakuin buat lulus? *jleb*
yauda cari passion kamu sekarang, nic!


Passion?
Sebenernya ada satu passion yang bener-bener bisa ngasik semangat buat berjuang. Berjuang pusing-pusing bikin abstraksi, kebal dengan bullian temen-temen gue yang bilang gue dideketin dosen ka.Lab. Oh men peuhlis -_-
Passion banyak boleh, tapi pilih yang paling dominan nic.
 

  • My wonder Parent. Ibu! Hj. Sayyidah Maulidah Indriyati sama Bapak! H. Moh. Ta'ib Sugianto
Banyak alasan kenapa beliau passion pertama dan paling dominan. Tiap pulang kuliah, tiap mau berangkat kuliah rasanya gak tega ninggalin beliau. Stamina beliau uda gak kayak dulu lagi. Tiap detik, menit, jam, hari, bulan, tahun beliau semakin menua.

Tiap pagi ato malam menjelang pagi beliau selalu berangkat ke pasar yah kalo gak jam 9 malam, mungkin jam 3 pagi, gak jarang tidur cuma beberapa jam saja :| aku tau pasti mereka lelah ya allah. Terus pagi masak sampe kurang lebih jam 8 uda siap. Dan masih harus lanjut bekerja sampe malem jam 9. begitu tiap hari.

Orang tua gue bukan lulusan S2 atau pun S1 tapi beliau orang terhebat yang punya passion kuat buat jadiin anak-anaknya salah satu orang hebat Amiiiiiiiiiiiiiiin. Kalo beliau bisa sukses tanpa gelas sarjana, kenapa gue malah malas-malasan berjuang buat lulus?! padahal gue uda enak tinggal belajar kan. pppft

Ketika gue galau, pusing nyut-nyutan sampe bikin mual mau muntah *lebay* tapi ciyus pusing bet ngebayangin kudu baca banyak jurnal (semacam hasil penelitian orang-orang terdahulu) gak cuma baca tapi kudu ngerti juga yang pasti. Ketika gue nyerah buat ngelanjutin bacaan gue. Ketika gue muak buat memahami bacaan. Ketika gue bosen didepan laptop dengan bacaan bahasa latin *sumpah ini lebay banget* Ketika gue gak bisa tidur kepikiran bacaan, Ketika gue nangis, dan sampe ketika gue mindeeer sama temen-temen gue yang uda mulai progress skripsi mereka *sebut saja dia mawar* -_-


Ketika itulah gue ngeliat Ibu-Bapak. Betapa meruginya gue kalo sampe bikin beliau kecewa cuma gara-gara gue yang males ini males itu T_T. Kebanyang aja sih betapa mirisnya kalo liat Ibu dan Bapak negara gue mencoba bilang "yauda gapapa" ketika gue lama gak lulus, padahal pasti mereka berharap gue cepet lulus kan. Betapa mirisnya liat beliau kudu berjuang kerja keras buat kuliah anak-anaknya *ah berasa jadi beban*
Ya! kamu memang beban nic! makanya kudu cepet lulus! *self talk*


  • Mimpi
Semua orang punya mimpi masing-masing dan gak harus sama dengan orang lain tapi gak menutup kemungkinan mimpi kita sama dengan mimpi orang lain.
Misalnya, si Komandan (baca: Pacar) pengen kerja jadi pegawai negeri sipil karena memang background pendidikannya. Tapi kalo gue justru lebih pengen kerja jadi pegawai swasta nasional. Si doi bilang punya mimpi S2 di luar negeri, gue juga pengen S2 ntah itu didalam negeri ato Tuhan ngasik jalan gue ke Jerman ato Jepang kayak dosen-dosen dewo. Amiiiiin >.<

Back to topic. Gimana kamu mewujudkan mimpimu kalo sekarang aja males-malesan, sering ngeluh, manja, dan gak mau berjuang buat lulus! *Jleb*


  • Umur
Hah!
X : uda berapa tahun dibangku kuliah nic?
Me : hampir 3,5 tahun lebih kak
X : Oh uda tua berarti ya? kapan Lulus?
Me : Ewh -_- Insya allah semester depan kak, masih berjuang. Mohon doa ya kak!
X : Iya jangan lama-lama ya nic! Malu tuh sama umur..
Me : hahaha okeh *Kemudian hening - Krik krik* -_-

Mau lulus kapan lagi nic? uda inget berapa umurnya sekarang? Hah!


  • Komandan
Gak tau lagi kalo komandan gue bukan dia. Pas gue lagi mewek-meweknya galau skripsi eh bukan MASIH progres skripsi T.T cuma doi yang bisa nyemangatin. Dia tipe orang yang keras, dan gue gak bisa kalo gak dikerasin. Meski kadang kudu pake kalimat yang ngejleb dan bikin badmood sih hahaha it's no problemo ndan! mungkin dengan cara kayak gitu gue bisa bangkit lagi.

Sering sih Pas malem-malem mau beranjak menuju dream land, gue baru nyadar SMS si komandan belum gue bales dari tadi siang hihihi ah doi emang pengertian banget tau aja gue lagi gak bisa diganggu *sombooong* -_-
Komandan = Superman = Super hero = Super bet di hati gue *kepreet ngomong apa ini* hahaha~

Butuh passion apa lagi buat melangkah lebih jauh sob?
This is only the beginning! yang menghalangi kesuksesan kita sebenernya kemalasan dan ketakutan kita sendiri. kalo di blog temen bilang (entah dibagian mana)
Kalo orang lain butuh waktu sebentar buat sukses. dan kamu butuh 1000 kali buat sukses. Lakukan! Jangan menyerah!
Yah emang gue akuin, gue sering minder sama fakultas sebelah yah sebut saja dia fakultas X. Disana mahasiswa mau lulus itu gampang. Tapi rasanya di fakultas gue suwusah ya hmm. Ketika fakultas gue nambah program studi dari fakultas sebelah (sebut saja Y), mahasiswa terasa dijajah. Mau kuliah, tugas, apa lagi skripsi. Terutama dibagian keminatan gue. Angkatan 2008 banyak yang belum lulus gegara mereka merasa dipersulit oleh dosen dari fakultas Y. Masa gue kudu nunggu 2008 lulus dulu baru angkatan gue bisa nyusul?!


Kemarin, tepat hari senin. Giliran gue and friends maju buat Lab Meeting. Disana lebih berasa kayak Briefing Personal pas Ospek. Kalo dulu gue lebih dihujat mati-matian sama senior. Bedanya Lab Meeting lebih kearah Ilmiah. Gue siap-siap dihujat sama Dosen. Beberapa hari sebelum hari H. Rasanya gak bisa makan, mimpi aneh, takut penelitian gue ditolak, takut dosen A, dosen B, takut ini itu, and more more.

Life must go on kan. Disela-sela kegalauan, masih sempet narsis :p

Fafa, Me, and Tia

Tia

itu kertas bukan kerpek-an


Dan ketika gue mulai masuk ruangan. Oh damn! dihadapan gue uda ancang-ancang dosen yang expert networking. Dosen S3 dari Jepang, Dosen S2 dari Jerman, Dua dosen S2 dari ITS, dan Dosen S2 gue lupa dari mana sebut saja pak sabri.

Giliran gue maju. Jedag Jedug Jeder, Rasanya gua pengen nangis aja didepan pas gue ngasih abstraksi ke dosen-dosen ini. But ketika Dosen S2 dari jerman, dosen favorit gue, beliau bilang "Loh bawa kerpek-an". Mulai itu situasi gue mulai santai. Pas presentasi, tanya jawab, berjalan lanca, paling gak gue gak plonga-plongo ketika ditanyain kan, apalagi sama dosen S3, beliau bilang "Pesentasi yang bagus, ada penjelasan ini itu bla bla bla". YEY!

Hasil pengumuman layak ato tidaknya penelitian gue belum keluar sih ya, tapi dari hasil presentasi dan tanya jawab paling gak kan tau gambaran apa yang perlu ditambahin dan dipelajari. Pfft *Yosh cemumudh*

Sepulang dari kampus, setelah Lab Meeting, semangat gak boleh redup. Tolong ingatkan aku ketika aku mulai malas, jenuh, dan gak tau harus berbuat apa pada progress skripsi gue.



Enam bulan bukan waktu yang sedikit. Ingatkan aku.
Big Thanks
nic..


2 Comments

  1. wow, keren Pen ^^
    nice writing dan quote2 nya juga keren ^^
    haha, dan tulisan2 kayak gini nih yang bener2 memotivasi banget, apalagi buat mahasiswa semester akhir kayak aku ini :3
    hehe, oke makasih banyak Pen, teruslah menulis yak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo masadaaam.. gimana kabarnya? kapan lulus? *ehmaap hahaha
      Oke mas blog ini uda kayak diary online ku hehe. Semangat tesisnya yaa. cepet pulang ke indonesia jangan lupa bawa oleh2 :))

      Delete

Pennyka Trifikta Rimbi. Powered by Blogger.